SEJARAH SINGKAT SUSHI



Hai...hai...teman! (^o^)/ siapa yang suka sushi???(tak ada yang menjawab ternyata hiks..hiks...ya sutralah^^)
Tau sushi kan? - ya jelaslah =,=)...- Sushi merupakan makanan ala Jepang yang berbahan dasar nasi yang disajikan bersama neta atau lauk, yang berupa makanan laut, daging atau sayuran. 


Sushi tak hanya menjadi makanan khas Jepang saja, tetapi juga menjadi makanan favorit di Indonesia. Tak heran jika kita sekarang banyak menjumpai tempat makan yang menjajakan sajian Jepang ini. Di mulai kaki lima hingga hotel berbintang, semuanya dapat dijumpai dan semuanya hanya tinggal disesuaikan dengan isi kantong.



Tapi, tahukah teman bagaimana sejarah adanya sushi? dan asal muasal namanya "sushi"? Berikut penjelasannya yang aku kutip dari Jepangku.com

Nama sushi sendiri berasal dari bahasa kuno yang mengarah ke kata sifat, yaitu masam. Suatu gambaran mengenai proses fermentasi, yang berarti proses pengawetan ikan dengan fermentasi yang dikemas di dalam nasi. Agar proses berjalan baik, dibutuhkan bantuan cuka

Menurut cerita masa lalu, sushi sudah ada sejak Periode Edo, dan dikenal dengan nama oshizushi. Tetapi di akhir zaman Edo, nama sushi berubah kembali menjadi nigirizushi . Hanya saja ukurannya lebih kecil agar mudah untuk dinikmati.Di tahun 1970-an sushi masih menjadi makanan mewah, sedangkan bagi rakyat biasa mereka hanya dapat menikmati saat acara khusus.


Warung sushi pertama kali didirikan di Osaka pada tahun 1958. Tempat makan ini diberi nama dengan Kaitenzushi. Namun terdapat sebuah foto sebuah warung sushi di Tokyo yang diambil pada ahun 1930. Seiiringnya waktu penyebarannya pun semakin meluas, begitu juga dengan ragamnya.

Nah, bagaimana teman? bertambah lagi kan pengetahuannya? selain kenal dan suka dengan makanan sushi, teman juga tahu seperti apa asal usulnya si sushi hehehe (=,= jdai ingat Tukul kalau bicara tentang sushi, ntar namanya jadi Sushisimilikiti deh buahahaha)


Source : Jepangku.com


1 comments

  1. Nice info gan. Makanan yang satu ini udah menjamur banget ya sekarang.

    BalasHapus