18 September 2012


Awalnya, Miguel Guzman (Tuan dari sang anjing setia ini) mengadopsi Capitan - yang merupakan seekor anjing gembala Jerman - pada tahun 2005 untuk diberikan sebagai hadiah buat anak laki-lakinya yang saat itu masih remaja, Damian.

Namun, Capitan dilaporkan kabur dari rumah setelah pemiliknya, Miguel Guzman, meninggal pada 2006. Seminggu kemudian, keluarga Guzman menemukan si anjing
di makam Miguel di Argentina tengah. Dalam enam tahun terakhir, Capitan terus berjaga di samping kuburan Miguel. Menurut keluarga, si anjing jarang sekali meninggalkan tempatnya.

"Kami mencari dia, tapi dia hilang," kata janda Guzman, Veronica Guzman kepada Lavoz.com. "Kami pikir dia pasti sudah tertabrak mobil dan mati."

Keesokan Minggunya, saat mereka pergi ke kuburan, Damian langsung mengenali anjing hadiah dari ayahnya tersebut.

 "Capitan mendatangi kami, menggonggong dan melolong seperti menangis."
Anehnya lagi, menurut Veronica, keluarga Guzman sama sekali tak pernah membawa Capitan ke kuburan sebelum ia ditemukan di sana. "Masih menjadi misteri bagaimana caranya ia menemukan tempat ini," ujar Veronica.

Direktur pekuburan Hector Baccega mengatakan ia dan stafnya kini memberi makan dan merawat Capitan secara rutin.
"Tiba-tiba suatu hari dia muncul di sini dan mulai berjalan-jalan mengelilingi kuburan sampai menemukan batu nisan tuannya," kata Baccega.
"Saat siang hari, kadang ia berjalan-jalan di sekitar kuburan, namun selalu bergegas kembali ke kuburan (Miguel). Dan setiap hari, tepat jam enam, dia akan tidur berbaring di atas kuburan, dan terus di sana sepanjang malam."

Meski begitu, keluarga Guzman belum melupakan Capitan. Menurut Damian, dia dan keluarganya sudah beberapa kali mencoba membawa Capitan pulang ke rumah, namun ia selalu kembali sendiri ke kuburan tersebut.
"Saya rasa dia akan terus berada di sana sampai dia mati. Dia menjaga ayah saya," kata Damian.

Heuhhhm...sedih banget dengar ceritanya. Inilah kekuatan dari "kesetiaan" seekor anjing. Hanya berbekal kasih sayang sang tuan nya terhadapnya "kedekatan" yang tuan nya buat menjadikan kesetiaan itu begitu besar hingga Capitan dapat melakukan hal yang sama, seperti yang dilakukan anjing Akita "HACHI" yang berasal dari Jepang, walau ia tahu bahwa tuannya telah meninggal tetapi hachi tetap menunggunya di stasiun kereta hingga hachi pun meninggal.

Jadi, bagi teman yang mempunyai binatang peliharaan ada baiknya memperlakukan nya dengan sebaik mungkin hanya memberi nya kasih sayang yang cukup maka ia akan memperlakukan teman sama baiknya. Ingat! hewan juga punya hati, jika teman melukainya sedikit saja maka ia akan terus mengingatnya...


Source Info + image : yahoo.com

0 comments:

Jika sudah selesai membaca, Jangan lupa untuk meninggalkan jejak ya teman